Minggu, 15 November 2015

Review Perangkat Lunak Bee Accounting

1.    Pengertian Perangkat Lunak Akuntansi
Perangkat lunak akuntansi atau biasa disebut software akuntansi merupakan perangkat lunak (software) yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Perangkat lunak ini bisa merupakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ke tiga yang menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya. Karena hal tersebut, kompleksitas dan kapabilitas perangkat lunak akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan yang akan menggunakannya.
Pada prinsipnya program akuntansi (keuangan) ditujukan untuk memudahkan kita dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan, di antaranya adalah Neraca (Balance Sheet) - Rugi laba (Profit Lost Statement) - Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Cash Flow) dan Laporan akhir keuangan. Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut, langkah mendasar adalah menyusun perkiraan atau account atau ledger atau Buku Besar. Yang mana setiap ledger memiliki kode dan nama (yang lazim digunakan) serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, seperti ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya pabrikasi, dan manufaktur (pabrik).
Dengan software accounting, pemilik perusahaan ataupun seorang akuntan dapat menerbitkan laporan-laporan yang dibutuhkan dengan waktu yang sangat cepat sehingga perangkat lunak akuntansi bisa menghemat waktu. Untuk Laporan keuangan (Laba Rugi dan Neraca bulanan) dalam pekerjaan manual membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, sedangkan jika menggunakan software akuntansi, setiap transaksi baik itu penjualan, pembelian, produksi barang jadi atau setengah jadi, stok opname, pengeluaran biaya, pendapatan, akan otomatis terjurnal, sehingga laporan keuangan ataupun laporan akuntansi dan berbagai macam laporan lain yang mendukung dalam aktivitas perusahaan dapat dihasilkan dengan cepat dan tepat.

2.      Perkembangan Versi, Target Pengguna, dan Harga dari
Bee Accounting
Bee Accounting adalah kombinasi team professional di bidang Bisnis dan Teknologi yang bersama membangun mimpi untuk membantu 1 juta pebisnis agar bisa lebih bebas dengan cara membuat bisnisnya untung dan mudah dikontrol. Produk Bee Accounting sendiri baru mulai di develop dan rilis Oktober 2010 dengan fokus utamanya untuk membantu bisnis UKM naik kelas dan profitable melalui otomasi sistem bisnis berbasis IT.  Saat ini Bee Accounting sudah memasuki versi 2.0 dan telah digunakan lebih dari 120,000 pengguna diseluruh Indonesia dan beberapa di manca negara. Bee Accounting  sendiri memiliki dua series, yaitu:
1. UKM Series
UKM series diberikan gratis, dengan limit omset 100jt/bulan dan fitur terbatas. Terdapat 3 versi pada series ini, yaitu  UKM POS, UKM LITE, dan UKM PLATINUM, perbandingan antara fitur serta target pengguna dari versi ini dapat dilihat dibawah  ini.

2. Premium Series
Sedangkan Premium series diberikan harga untuk dapat memakainya. Pada premium series ini  tersedia 5 versi Bee Accounting dengan unlimited transaksi, yaitu:

- Bee POS
Bee POS adalah software kasir yang dibuat khusus untuk usaha toko, minimarket/swalayan, dan retail. Mempermudah penjualan kasir, mencetak nota dan mengontrol keluar-masuk stok gudang. Penjualan khusus untuk kasir dengan Point of Sales yang dibuat dengan layout sederhana dan mudah digunakan, didesain untuk input data penjualan dengan volume transaksi yang tinggi seperti pada umumnya penjualan retail di supermarket, bisa di operasikan Full Keyboard.

- Bee Lite
Bee Lite adalah software retail yang cocok digunakan untuk distributor/agen yang mempunyai banyak sales, penjualan kredit (piutang) dengan beberapa level harga berjenjang, Penjualan dengan sistem take order atau canvassing, dan masih awam dengan sistem akuntansi. Dengan mempermudah penjualan kasir, mencetak nota dan mengontrol keluar-masuk stok gudang. Fitur lainnya sama seperti Bee POS.

- Bee Silver
Bee Silver adalah software accounting entry-level yang cocok digunakan untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah dan mikro. Khususnya yang ingin menerapkan sistem pembukuan akuntansi yang baik dan benar, namun tidak paham tentang akuntansi atau mungkin tidak mempunyai SDM khusus untuk menghandle akuntansi. Proses pembukuan akuntansi dihandle otomatis oleh software di balik layar. Anda hanya tinggal input transaksi sehari-hari seperti pembelian, penjualan, pembayaran & penerimaan pembayaran, sisanya seperti pembuatan jurnal dan buku besar di lakukan otomatis oleh Bee Silver. Hasilnya, laporan keuangan seperti neraca dan laba/rugi bisa di tampilkan kapanpun semudah klik mouse saja.

- Bee Gold
Bee Gold adalah software accounting kelas medium yang cocok digunakan untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah yang sudah siap menerapkan akuntansi secara penuh, namun membutuhkan alat bantu otomatisasi akuntansi yang mudah. Bee Gold sudah mendukung fitur multi currency (mata uang), proses revaluasi kurs mata uang dihitung otomatis setiap akhir bulan. Selain itu sudah dilengkapi modul Fixed Asset untuk mendata dan menghitung depresiasi asset tetap seperti inventaris, kendaraan. Serial number / Batch number untuk perusahaan yang menangani item yang membutuhkan pelacakan nomor seri seperti pada IMEI-Handphone, no.mesin mobil/motor, size-sepatu, dll. Fitur lainnya sama seperti Bee Silver.

- Bee Platinum
Bee Platinum adalah software accounting edisi paling lengkap dari Bee Accounting, cocok digunakan untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah atas/enterprise yang sudah siap menerapkan akuntansi secara penuh, namun membutuhkan alat bantu otomatisasi akuntansi yangmudah. Bee Platinum sudah mendukung fitur multi currency (mata uang), revaluasi kurs, Fixed Asset, serial number/batch-number. Serta sudah mendukung tracking laba rugi per Departement dan Multi Project. Cocok digunakan untuk perusahaan dengan yang membutuhkan Job Costing yang ingin memonitor laba rugi per Project dan per Department. Selain itu juga terdapat fitur Budgeting untuk mengontrol Target Penjualan dan mengontrol limit biaya untuk efisiensi. Fitur lainnya sama seperti Bee Gold.
Berikut ini adalah perbandingan fitur-fitur dari beberapa versi yang tersedia dalam premium series beserta harganya :


3.    Modul-Modul pada Bee Accounting dan Fungsinya
Modul atau fitur yang tersedia pada Bee Accounting sangat beragam. Bee Accounting benar-benar merupakan software akuntansi sejati yang terintegrasi antar modul-modulnya, modul-modul tersebut meliputi :
1. Modul Pembelian           
Merupakan modul yang digunakan apabila terdapat pembelian yang kita lakukan.
2. Modul Order & Penerimaan Pembelian
Merupakan modul yang digunakan untuk melakukan pemesanan barang serta penerimaan dari barang yang  kita beli.
3. Modul Hutang Usaha    
Merupakan modul yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hutang dari usaha yang dijalankan.
4. Modul Stock / Inventory 
Merupakan modul yang digunakan untuk memasukkan barang serta mengecek  list dari barang yang ada pada gudang.
5. Modul Kas & Bank
Modul ini digunakan untuk memasukkan besarnya harta yang kita miliki. 
6.  Modul Cheque & Rekonsiliasi Bank
Modul ini berisi tentang hal-hal yang terkait transaksi dengan bank.
7. Modul Penjualan
Merupakan modul yang digunakan untuk memasukkan data-data penjualan.
8. Modul Order Penjualan & Pengiriman           
Merupakan modul yang biasa diisi untuk pemesanan barang oleh pihak lain serta pengiriman terhadap pihak tersebut.
9. Modul POS + Modal/Setoran
Modul kasir untuk mengisi modal serta setoran dalam kurun waktu tertentu.
10. Modul Piutang Usaha
Modul untuk mencatat piutang yang terdapat pada pihak lain.
11. General Ledger
12. Kalender
13. Reminder
14. Business Dashboard
15. Fixed Asset        
16. Budgeting          
17. Multi Department          
18. Project / Job Costing
19. Multi Gudang    
20. Multi Satuan      
21. Serial Number, Lot. no
22. Multi Level Harga Jual
23. Multi Currency  
24. Multi Company 
25. Assembling/Diassembling      
26. Produksi
4.    Kelebihan dan Kekurangan dari Bee Accounting
          - Kelebihan Bee Accounting :
·         Mudah, layout simple
Menu berbahasa indonesia, layout form intuitiv dan mudah dimengerti bahkan oleh orang yang awam komputer sekalipun.
·         Huruf besar-besar, sekaligus untuk customer display
Form transaksi penjualan kasir (Point of Sales) sengaja dibuat dengan Font size besar agar lebih mudah dibaca oleh kasir dan customer pembeli (bisa sekaligus sebagai customer display)
·         Full Keyboard cocok untuk input volume transaksi tinggi
Untuk mendukung jumlah transaksi penjualan kasir pada retail swalayan yang volumenya tinggi, sengaja form transaksi P.o.S bisa di input full keyboard alias tanpa mouse (optional). Sehingga mempercepat pelayanan penjualan bagi customer.
·         Support Barcode reader, POS Printer kasir, Cash drawer
Mendukung berbagai macam merk & model Barcode reader laser maupun CCD. Support printer Epson LX-300 maupun POS mini printer: Epson, Samsung, Star, dll. Bisa di koneksikan dengan cash drawer (laci kasir) yang bisa otomatis membuka ketika selesai transaksi.
·         Struk nota bisa di desain sendiri, text mode high-speed printing
Desain struk nota kasir anda bisa di desain sendiri, anda bisa menambahkan dan mengurangi informasi yang tampil seperti nama toko, alamat, npwp, telp, nama kasir, pajak, total, discount, maupun ucapan seasonal dan tips yang bisa ditambahkan sendiri dibawah struk (misalnya).

            - Kekurangan Bee Accounting :
o   Masih butuh pengembangan
o   Belum ada bukti konkrit hasil dari kinerja software tersebut

o   Server belum tersedia untuk beberapa versi Mac

2 komentar: