Sabtu, 30 April 2016

ResearchGate : Jejaring Sosial untuk Penelitian

ResearchGate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis  dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Dibandingkan dengan situs dan alat kolaborasi lainnya, ResearchGate telah mengembangkan alat pencarian Internet semantik yang mampu untuk mencari makalah penelitian dari sumber internal dan database eksternal terkenal.
Menciptakan jaringan sosial bagi para ilmuwan bukanlah ide yang revolusioner, ResearchGate  memungkinkan para ilmuwan untuk terhubung dengan rekan ilmuwan lainnya, menemukan metode baru, paper / bahan diskusi, dan orang-orang kemudian berkolaborasi menggunakan aplikasi yang dibangun khusus untuk para peneliti.
Pengguna ResearchGate dapat menambahkan kontak profesional dengan mencari peneliti lain yang memiliki fokus yang sama. ResearchGate juga memberikan pengguna pilihan untuk terlibat dalam diskusi online dengan bergabung atau membentuk kelompok. ResearchGate juga memiliki beberapa fitur aplikasi web, diantaranya:

1.ReStory, mirip dengan GoogleDocs, memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi bersama-sama dengan rekan-rekan untuk menulis dan mengedit dokumen. 
2.ReMeet memungkinkan pengguna mengatur jadwal pertemuan dan panggilan konferensi secara online 
3.ReVote memungkinkan pengguna untuk membuat survei dan jajak pendapat pada topik. 
Kita juga dapat membaca ataupun mengunduh artikel-artikel yang telah dipulikasikan oleh para peneliti di jejaring sosial ResearchGate ini secara gratis.

  Kita dapat membuat akun ResearchGate secara gratis pada website https://www.researchgate.net/ sebagai researcher atau recruiter dan kita juga bisa login menggunakan akun LinkedIn ataupun akun Facebook. Lalu mengisi biodata, email intitusi dan beberapa hal lainnya sampai akun berhasil dibuat.

  
            Terdapat 4 pilihan ketika kita membuat akun baru sebagai researcher, yaitu:
1. Academic researcher or student, yang diperuntukan bagi mahasiswa, dosen, anggota dari suatu institusi, dan peneliti lepas/perseorangan.
2. Corporate researcher, yang diperuntukan bagi pengembang aplikasi atau produk dan peneliti riset dan pengembangan.
3. Medical researcher, yang diperuntukan bagi ahli kesehatan termasuk peneliti penyakit.
4. Not a researcher, yang diperuntukan bagi para jurnalis, peneliti yang bukan ahlinya, ataupun orang-orang yang tertarik untuk membaca atau melakukan penelitian.


      Banyak pengguna ResearchGate yang berasal dari Indonesia, mulai kalangan akademisi, ahli kesehatan, para ilmuwan, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa pengguna ResearchGate yang merupakan dosen yang mengajar di Universitas Gunadarma.

1. Bapak Eri Prasetyo Wibowo
Merupakan salah satu dosen Universitas Gunadarma yang telah melakukan banyak penelitian. Pada akun Researchnya terdapat 30 publikasi berupa 28 artikel dan 2 paper yang dari semua publikasi tersebut, telah dibaca sebanyak 1155 kali. Bapak Eri  telah menulis artikel penelitian pertamanya dari tahun 2006 dan dapat diketahui bahwa Bapak Eri telah menggunakan jejaring sosial ResearchGate mulai tahun 2008, sama dengan tahun diluncurkannya jejaring sosial ini.

2. Ibu Rodiah



Merupakan salah satu dosen Universitas Gunadarma yang pada akun ResearchGate ny telah melakukan 10 publikasi berupa 1 artikel dan 9 paper. Sayangnya dari apa yang telah dipublikasikan ibu Rodiah masih terbilang sedikit dibaca yaitu sebanyak 22 kali. Ibu Rodiah mulai melakukan publikasi paper pertamanya pada akun ResearchGate miliknya pada September 2012.



Jadi, dapat diketahui bahwa ResearchGate merupakan salah satu wadah bagi para peneliti berupa jejaring sosial yang berguna untuk menuangkan penulisan-penulisan yang mereka buat untuk dapat dibaca atau didiskusikan dengan para peneliti lainnya ataupun menjadi bahan referensi bagi para peneliti yang ingin mengembangkan penelitian tersebut lebih jauh lagi.




Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar